Kamis, 10 November 2011

Hal Yang Harus Diketahui Dokter

Penegakan diagnose dan pemberian terapi yang dilakukan oleh dokter kepada pasien didasarkan pada 3 hal : Anamnesis, Pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Anamnesis atau wawancara dengan pasien ini paling besar andilnya dalam penentuan diagnose, bahkan beberapa referensi menyebutkan bahwa hanya dengan anamnesis, suatu diagnose sudah dapat ditentukan 70%.

Seorang pasien datang kepada dokternya dengah berbagai keluhan, beberapa memang akibat dari penyakitnya, beberapa karena kecemasannya sendiri, dan beberapa malah mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan penyakitnya. Kurang lengkapnya informasi yang anda berikan bisa mengurangi ketepatan diagnosa, tak jarang dokter akan bertanya demi mendapatkan informasi yang lengkap ini. Sebaliknya, informasi yang terlalu banyak yang tidak ada hubungannya dengan penyakit pasien justru akan membingungkan dokter dalam membuat diagnosa. Berikut ini adalah hal yang harus diungkapkan dalam wawancara:


a.
Keluhan utama: Keluhan yang membawa anda pergi ke dokter/ Rumah sakit/ klinik. Keluhan ini diungkapkan dengan satu kata tunggal.

Contoh: Batuk, demam, sakit sendi, dsb


b.
Sacred Seven. Selain itu terdapat pula 7 hal yang perlu ditekankan dan harus diketahui dokter dalam mendiagnosa sering disebut sebagai “Sacred seven”, yang terdiri atas:

1. Lokasi Keluhan

2. Onset, awitan, dan kronologis
Sejak kapan, sudah berapa lama, terjadi mendadak atau bertahap
3. Kuantitas keluhan
4. Kualitas keluhan
5. Faktor yang memperberat
6. Faktor yang memperingan
7. Keluhan lain yang menyertai

Jadi contoh cara penyampaian keluahan yang baik seperti :


“Saya demam dok, sudah sejak 2 hari yang lalu. Hari pertama panasnya Cuma 38, tp hari kedua ini naik jadi 38*C . Badan saya panas sampai menggigil, rasanya badan ini dingin semua. Panasnya agak berkurang bila dikompres dan minum Panadol, tp nanti kemudian panas lagi. Selain demam perut ini rasanya juga mual, tapi tidak muntah, otot rasanya nyeri semua, punggung ini rasanya kaku, badan ini rasanya juga lemas”


Nah, dari informasi di atas dokter akan membuat sistematika seperti ini:


- Keluhan utama: Panas (demam)

Lokasi: Karena keluhannya demam, berarti lokasinya di seluruh tubuh

- Onset, awian: 2 hari, mendadak dan naik secara bertahap

Kuantitas: Hari pertama 38*C, hari kedua 38,5*C
Kualitas: Demam sampai menggigil
Faktor yang memperberat: -
Faktor yang memperingan: Pemberian Paracetamol dan kompres
Gejala Penyerta: Mual, lemah lesu, kaku pada punggung, nyeri pada otot

Nah, dengan informasi yang seperti ini dokter akan mudah menduga bahwa penyakit ini kemungkinan besar demam berdarah atau Tipes. Dan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan pemeriksaan lab yang relevan berdasarkan anamnesis ini.


Kesimpulan:


Dalam menegakkan diagnosanya, dokter harus mendapat informasi yang sejelas-jelasnya dari pasien, baik dari mendengarkan keluhan pasien dan menanyakan informasi-informasi lain yang diperlukan. Semoga tulisan ini dapat membantu anda sekalian dalam berkonsultasi ke dokter anda dengan cara yang sistematis yang dapat membantu dokter menganalisis dengan tepat pula.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar