Selasa, 08 November 2011

PROSES BELAJAR



Proses belajar terbagi dari 2 yaitu:
1.         Proses belajar Pedagogi
Proses padagogi adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang mendidik anak-anak dan sering digunakan sebagai sebuah sinomim untuk sesuatu pengajaran sesara lebih tepatnya. Pedagomi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru.
2.         Proses belajar Andragogi
Andragogi berasal dari dua kata dalam bahasa yunani,yakni:
= Andra berarti orang dewasa dan
= Agogos berarti memimpin.
Andragogi kemudian dirumuskan sebagai “suatu seni dan ilmu untuk membantu orang dewasa belajar”
sembilan kondisi untuk belajar sukses :
§  Mendapatkan perhatian.
§  Menginformasikan peserta. Tujuan
§  Pencarian
§  Menyajikan materi baru.
§  Memberikan bimbingan belajar.
§  Memunculkan kinerja.
§  Memberikan umpan balik.
§  Menilai kinerja.
§  Retensi dan. Mentransfer.


Kerucut pembelajaran

Mempertahankan peserta didik :
-           10% dari apa yang mereka baca
-           20% dari apa yang mereka dengar
-           30% dari apa yang mereka lihat
-           50% dari apa yang mereka lihat dan dengar bersama-sama
-           70% dari apa yang mereka katakan atau mengulang
-           90% dari mereka mengatakan, sambil melakukan apa yang mereka            bicarakan. (Mendengar, katakan, lakukan, mengajar orang lain)


Belajar retensi
-           Mendengar
-               Melihat
-               Mengatakan itu
-               Melakukan
-               Mengajar orang lain

Tips yang berhubungan dengan pembelajaran orang dewasa :
-           Membangun iklim yang kondusif untuk belajar
-           Desain pelatihan untuk presentasi sekitar 1 / 3 dan aplikasi 2 / 3     dan umpan balik
Pembelajaran orang dewasa :
-           Berkomitmen untuk
belajar ketika tujuan dan sasaran yang dianggap realistis dan penting
-               Ingin menjadi asal belajar mereka sendiri
-               Perlu pengalaman konkret untuk menerapkan
Pembelajaran dalam pekerjaan yang nyata membutuhkan umpan balik,  kunci prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa yang perlu diketahui orang dewasa yaitu mengapa, apa, bagaimana.
 Adapun konsep diri peserta didik yaitu diri diarahkan dan otonom, sebelum pengalaman belajar, sumber daya, mental model.

Prinsip-prinsip kunci ( con. )
* kesiapan untuk belajar:
    > hidup yang terkait, perkembangan tugas
* orientasi untuk belajar
    > Masalahnya terpusat, kontekstual
* motivasi untuk belajar
    > internal yang pelunasan, pribadi, nilai intrinsik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar