Selasa, 08 November 2011

Proses Belajar Pendidikan Dokter

Proses Belajar Mengajar (PBM) pendidikan dokter adalah suatu proses pembelajaran yang mendidik dan menciptakan dokter-dokter yang mempunyai skill, pengetahuan dan perilaku yang professional.
Sesuai dengan visi dan misi kedokteran dan dengan munculnya paradigma baru yaitu Evidence-based medicine, patient-oriented medicine dan pandangan kedokteran dalam menjalankan tugasnya diharapkan mampu menerapkan seorang dokter berdasarkan ilmiah, dengan mengurangi peran intuisi.
Proses belajar mengajar yang digunakan dalam pendidikan dokter adalah strategi pembelajaran Program Based Learning dalam kurikulum KBK.pembelajarannya bersifat pemusatan mahasiswa yang aktif, dimana Problem Based Learning ( PBL ) merupakan metoda pembelajaran berdasarkan prinsip penggunaan kasus ( masalah ) sebagai titik tangkal untuk mendapatkan dan menghubungkan ilmu pengetahuan yang baru (HS.Barrows,1982). Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Inovatif dikenal sebagai pendekatan SPICES (Student Centered Learning).

Adapun tujuan PBL yaitu membantu dosen memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa, membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual, belajar tentang berbagai peran orang dewasa melalui perlibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulas, dan menjadi pembelajaran yang otonom dan mandiri.

Metode pembelajaran PBL ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut yaitu: belajar dimulai dengan suatu masalah, memastikan bahwa masalah yang diberikan berhubungan dengan dunia nyata, mengorganisasikan pelajaran di seputar masalah, memberikan tanggung jawab yang besar kepada pembelajar, menggunakan kelompok kecil, menurut siswa untuk mendemonstrasikan apa yang telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja

Menurut Jarot Subandono, inti dari metode belajar Problem Based Learning ini ada pada diskusi tutorial. Terdapat tujuh langkah yang harus dilakukan dalam diskusi tutorial, yang disebut dengan Seven Jumps. Deskripsi dari ketujuh langkah tersebut adalah sebagai berikut: Menjelaskan istilah yang belum diketahui, menetapkan permasalahan, urah pendapat/brainstorming tentang hipotesis atau penjelasan yang ada, menyusun penjelasan dalam suatu pemecahan masalah/solusi sementara, menjelaskan tujuan pembelajaran(LO), Pengumpulan informasi dan belajar mandiri, membagi/berbagi hasil pengumpulan informasi dan belajar mandiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar