Pengertian
Pendekatan dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu kelompok pendekatan Inovatif (Student Centered Learning) yang juga dikenal sebagai pendekatan SPICES dan pendekatan Tradisional (Teacher Centered Learning). Perbedaan antara kedua kelompok pendekatan ini tertera dalam tabel dibawah ini
SPICES approaches/Student Centered Learning (Innovative approaches)
|
Traditional approaches/Teacher Centered Learning
|
S tudent-centered
|
Teacher-centered
|
P roblem- based
|
Information gathering
|
I ntegrated
|
Discipline-based
|
C ommunity-based (Consummer-based)
|
Hospital-based
|
E lective
|
Standard program
|
S ystematic
|
Apprenticeship-based
|
Student centered berarti mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dipelajari, aktif dalam pengelolaan pengetahuan, belajar menentukan apa yang ingin mereka ketahui, mampu mencari pengetahuan sendiri (mandiri) dan belajar berkesinambungan, memanfaatkan banyak media bukan hanya dari kuliah, penekanan pada pencapaian kompetensi bukan pada tuntasnya materi.
Pada student centered meskipun dosen mempersiapkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, sumber pembelajaran yang digunakan, serta materi evaluasi yang akan dilakukan tetapi hal-hal ini tidak diberikan secara langsung dalam bentuk materi tetapi dipakai sebagai penuntun, dan mahasiswa harus mencari dan menggali ilmu sendiri dengan menggunakan media dan sumber pembelajaran yang telah disiapkan. Dosen tidak hanya berfungsi sebagai pemberi kuliah saja tetapi juga sebagai fasilitator dan pembimbing praktikum dan pendamping dalam mendapatkan ketrampilan.
Pada student centered meskipun dosen mempersiapkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, sumber pembelajaran yang digunakan, serta materi evaluasi yang akan dilakukan tetapi hal-hal ini tidak diberikan secara langsung dalam bentuk materi tetapi dipakai sebagai penuntun, dan mahasiswa harus mencari dan menggali ilmu sendiri dengan menggunakan media dan sumber pembelajaran yang telah disiapkan. Dosen tidak hanya berfungsi sebagai pemberi kuliah saja tetapi juga sebagai fasilitator dan pembimbing praktikum dan pendamping dalam mendapatkan ketrampilan.
Student-centered : Pusat pembelajaran ada pada mahasiswa.
Mahasiswa diberi kesempatan untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Problem-based : Mahasiswa diberi kesempatan untuk berlatih memecahkan kasus sendiri.
Integrated : Pada proses pembelajaran, berbagai disiplin ilmu secara terintegrasi digunakan dalam memecahkan kasus yang diberikan pada mahasiswa.
Community-based : Kasus-kasus yang diberikan pada mahasiswa adalah kasus yang sering terjadi pada masyarakat.
Early clinical exposure: Mahasiswa dikenalkan pada kasus-kasus klinik seawal mungkin.
Systematic : Proses pembelajaran yang diikuti oleh mahasiswa diberikan secara sistematik disesuaikan dengan tingkakatannya.
Cara menerapkan strategi SPICES
· Melakukan kegiatan diskusi bersama kelompok belajar
· Saling terbuka (sharing) kepada sesama anggota kelompok
· Mendisiplinkan diri terhadap apa yang sedang dikerjakan
Kendala dalam menerapkan strategi SPICES
· Adanya sifat malas dalam diri mahasiswa
· Tidak adanya kesadaran dalam diri mahasiswa untuk mencapai sukses
· Perbedaan karakter setiap mahasiswa
· Gagap teknologi dan kurangnya kemampuan bahasa Inggris
Manfaat SPICES
· Mahasiswa menjadi aktif dalam kegitan belajar
· Menjadi lebih kritis dan kreatif
· Meningkatkan wawasan
· Mempunyai prinsip yang kuat dalam hidupnya
· Selalu ingin menjadi dokter yang ingin mensejahterakan masyarakat
· Meminimalisir terjadinya mal praktek
· Mampu mengaktifkan prior knowlagde dengan baik
buku pembelajran spices ada tidak!!!
ReplyDelete